"

Destination is not important, but the process was the most important

Minggu, 09 Oktober 2011

Struktur organisasi ( les private untuk SD )


Resume ke 2 Perkuliahan Pertemuan ke 5

Jakarta, Senin, 3 Oktober 2011. Perkuliahan dimulai sekitar jam 08.30 di ruang 306 yang bertempat di Fakultas Ilmu Pendidikan. Pada pertemuan ke lima ini, pak amril selaku dosen dari mata kuliah manajemen diklat tidak memberikan materi pembelajaran seperti biasanya. Beliau memberikan tugas kepada kami yaitu membuat struktur organisasi lembaga, dimana pada semester sebelumnya yaitu mata kuliah manajemen pemasaran tersebut mahasiswa sudah ditugaskan untuk membuat suatu lembaga pendidikan atau sejenis jasa pendidikan. Lembaga pendidikan yang saya buat ialah les privat khusus untuk Sekolah Dasar. Mata kuliah manajemen pendidikan dan pelatihan inilah merupakan lanjutan dari mata kuliah manajemen pemasaran.

Sebelum memberikan penugasan tentang struktur organisasi dari lembaga pendidikan yang telah saya buat, Pak Amril menjelaskan secara singkat tentang struktur organisasi yang dimaksud, yaitu dengan memaparkan di lembar kerja power point. Berjalannya waktu hampir setengah jam berlalu, akhirnya saya selesai juga membuat stuktur organisasi lembaga pendidikan sesuai dengan lembaga pendidikan yang saya buat di semester lalau ( les privat untuk SD ). Saya kira tugas sudah selesai tapi nanti dulu, Pak Amril kembali menugaskan mahasiswa untuk membuat uraian fungsi dan tugas ( job description ) dari struktur yang telah selesai dibuat. Sebelumnya Pak Amril memberikan terlebih dahulu arahan atau contoh terkait pembagian tugas dan fungsi tersebut. Misalkan saja untuk pemimpin tinggi ( ketua yayasan ), ia memiliki tugas mengkoordinasikan, dan untuk pimpinan bawahan ( kepala cabang ), ia memiliki ciri tugas memimpin, membina, kemudian untuk jabatan staff memiliki tugas membuat, membantu, menyusun, dan lain sebagainya.

Belum selesai juga tugas yang diberikan oleh Pak Amril, selesainya mahasiswa membuat uraian mengenai tugas dan fungsi dari jabatan tersebut, Beliau kembali memberikan tugas kepada mahasiswa untuk membuat rancangan pelatihan dan pendidikan yang cocok diberikan kepada jabatan - jabatan yang sesuai dan ada dalam struktur organisasi yang telah dibuat.

Hampir satu setengah jam, semua mahasiswa memutar dan mengotak ngatik otak untuk membuat dan menjawab tugas yang diberikan Pak Amril. Akhirnya selesai juga tugas yang diberikan, yaitu membuat struktur organisasi, lalu membuat job description dari masing-masing jabatan, dan tak lupa membuat pelatihan yang cocok atau tepat untuk masing-masing jabatan tersebut. Perkuliahan pun berakhir pada pukul 10.30.

Nama                     : Jatu Tri Hardiyanti
NIM                       : 1445097790

Tidak ada komentar:

Posting Komentar