"

Destination is not important, but the process was the most important

Minggu, 16 Oktober 2011

Menyusun kurikulum Diklat ( Reportase ke 3 pertemuan ke 6 )

Resume ke 3 Perkuliahan Pertemuan ke 6
Nama                     : Jatu Tri Hardiyanti
NIM                       : 1445097790

Jakarta, Senin, 9 Oktober 2011. Perkuliahan dimulai sekitar jam 08.30 di ruang 306 yang bertempat di Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Pada pertemuan ke enam ini, pak amril selaku dosen dari mata kuliah manajemen pendidikan dan pelatihan memberikan materi lanjutan dari pertemuan sebelumnya. Materi yang disampaikan mengenai penyusunan kurikulum diklat.

Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum kita menyusun kurikulum, ialah kita harus terlebih dahulu menentukan kompetensi. Kompetensi dapat dijabarkan sebagai kemampuan berfikir, bersikap dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta diklat.

Berbicara kompetensi, Pak Amril menyampaikan ada tiga jenis kompetensi, yang pertama kompetensi utama, yaitu kompetensi yang harus dimiliki oleh seseorang yang menduduki suatu jabatan, kompetensi pendukung yaitu kompetensi untuk mengoptimalkan perwujudan kompetensi utama, dan kompetensi lainnya yaitu kompetensi yang secara tidak langsung mengoptimalkan kompetensi utama.

Setelah diberikan penjabaran mengenai kompetensi, Pak Amril memberi tugas untuk membuat tiga jenis kompetensi dari sebuah jabatan yang telah kami buat dalam tugas struktur organisasi pada pertemuan sebelumnya, dan menentukan mata diklat apa yang layak diberikan untuk mencapai kompetensi-kompetensi tersebut serta jumlah jam pertemuan mata diklat tersebut.

Karena waktu yang terbatas dan jam pun sudah menentukan pukul 10.30, sedangkan tugas belum selesai, maka Pak Amril mempersilahkan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas tersebut di rumah serta wajib dikumpulkan esok harinya yaitu hari selasa tanggal 11 Oktober. Sekian reportase saya pada perkuliahan manajemen diklat pertemuan ke 6.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar