"

Destination is not important, but the process was the most important

Rabu, 18 Mei 2011

Reportase perkuliahan pertemuan ke 7 ( Manajemen Pemasaran dan Jasa Pendidikan )

Pada pertemuan ini, tepatnya pada tanggal 13 Mei 2011, pukul 09.00, diruang 306 Pak Amril Muhammad selaku dosen manajemen pemasaran dan jasa pendidikan menjelaskan materi mengenai place atau tempat dan promosi yang dapat dilakukan dalam strategi pemasaran.

Tempat dalam jasa merupakan gabungan antara lokasi dan keputusan atas saluran distribusi. Dalam hal ini berhubungan dengan bagaimana cara penyampaian jasa kepada konsumen dan dimana lokasi yang strategis.
Lokasi berarti berhubungan dengan dimana perusahaan harus berkemas dan melakukan operasi dan kegiatannya. Penyampaian jasa juga dapat  melalui organisasi maupun orang lain. Dalam penyampaian jasa ada tiga pihak yang terlibat, yaitu :
  1. Penyedia jasa
  2. Perantara
  3. Konsumen
Sehubungan dengan saluran distribusi maka perusahaan harus dapat memilih saluran yang tepat untuk penyampaian jasanya, sebab akan sangat mempengaruhi kualitas jasa yang diberikan. Saluran distribusi yang dapat dipilih, antara lain :
  1. Penjual langsung, dapat berupa toko atau outlet biasanya toko atau outlet ini milik sendiri atau sewa.
  2. Intermediatery, dapat berupa agen, supermarket, dan toko milik pihak 3 ( penyedia jasa, perantara, konsumen). Sistem ini menggunakan sistem bagi hasil.
  3. Hybird ( campuran ), dapat berupa toko dan outlet milik sendiri.
  4. Telekomunikasi, contohnya seperti bank yang menyediakan kartu kredit dan agen pulsa.
  5. MLM ( franchises ), contohnya berupa asuransi.
  6. E – comme, sistem distribusi ini menggunakan sistem online yaitu dengan membuka web.
Mengapa banyak distribusi yang menitipkan barangnya di tempat lain :
  1. Dilihat dari segi efisiensi biaya.
  2. Fokus ( jika perusahaan tersebut hanya memproduksi barang, sebaiknya perusahaan tersebut fokus dengan pekerjaan tersebut tanpa harus secara langsung menjualkan produknya ke konsumen).
  3. Mempertimbangkan kualitas ( Dalam suatu usaha kita harus memperhatikan kualitas yang akan diberikan kepada konsumen. Contohnya Astra yang sudah memiliki teknisi yang handal dalam memperbaiki kerusakan motor )
  4. Dilihat dari segi sumber daya manusia yang ada.
  5. Pergudangan.
Baik lokasi maupun saluran pemilihannya sangat tergantung pada criteria pasar dan sifat dari jasa itu sendiri. Misalnya dalam jasa pengiriman barang, bila pasar menginginkan pengiriman yang cepat, tepat waktu, dan sifat barang yang tidak tahan lama, maka lokasi yang dipilih harus strategis ( misalnya dekat dengan pelabuhan ) dan saluran distribusi yang dipilih sebaiknya penjualan langsung supaya dapat terkontrol.

MARKETING PROMOTION & COMMUNICATION
  1. Advertising
Pada dasarnya tujuan periklanan adalah komunikasi yang efektif dalam rangka mengubah sikap dan perilaku konsumen. Untuk itu ada beberapa pilihan media yang dapat digunakan untuk melakukan periklanan, antara lain melalui surat kabar, majalah, radio, televisi, papan reklame ( outdoor advertising) dan surat langsung.

2. Personal selling
Sifat penjualan perorangan dapat dikatakan lebih luwes karena tenaga penjualan dapat secara langsung menyesuaikan penawaran penjualan dengan kebutuhan dan perilaku masing – masing pembeli. Selain itu, tenaga penjualan juga dapat segera mengetahui reaksi calon pembeli terhadap penawaran penjualan, sehingga dapat mengadakan penyesuaian – penyesuaian di tempat pada saat itu juga.

3. Sales promotion
Penjualan yang dilakukan yaitu suatu perusahaan memberikan bonus atau potongan harga ke konsumen dalam jangka waktu tertentu, sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

4. Public Relation
Hubungan masyarakat merupakan kiat pemasaran penting, di mana perusahaan tidak hanya harus berhubungan dengan pelanggan, pemasok dan penyalur, tetapi juga harus berhubungan dengan sekumpulan kepentingan public yang lebih besar.

Hubungan masyarakat sangat peduli terhadap beberapa tugas pemasaran, antara lain :
-          Membangun citra
-          Mengatasi permasalahan dan isu yang ada
-          Memperkuat positioning perusahaan

Jatu Tri Hardiyanti ( Manajemen Pendidikan 2009 Non Reguler – 1445097790 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar