"

Destination is not important, but the process was the most important

Senin, 06 Juni 2011

Reportase perkuliahan pertemuan ke 8 ( Manajemen Pemasaran dan Jasa Pendidikan )


 Reportase perkuliahan pertemuan ke 8

Pada pertemuan ini, tepatnya pada hari rabu tanggal 25 Mei 2011, pukul 13.00, diruang 307 Pak Amril Muhammad selaku dosen manajemen pemasaran dan jasa pendidikan menjelaskan materi mengenai kualitas dalam pemasaran suatu produk.

Sebelumnya, kita perlu mengetahui apa definisi dari kualitas itu?? Kualitas adalah suatu strategi dasar bisnis yang menghasilkan barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan atau bahkan melampaui harapan konsumen bukan saja satu kali tetapi berulangkali dan memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Secara konsep, ada tiga macam bentuk kualitas:
·         Satu-satunya, maksudnya adalah kualitas yang ditimbulkan akibat dari hanya satu produsen produk seperi itu sehingga bersifat absolute. Contoh di bidang pendidikan yaitu Universitas Negeri Jakarta, satu-satunya universitas negeri di Jakarta.
·         Standar, maksudnya adalah kualitas yang bersifat relative (penyesuaian yang berubah-ubah tergantung situasi).
·         Consumer satisfaction (kepuasan pelanggan), maksudnya adalah kualitas yang bersifat memenuhi kebutuhan pelanggan. Begitu banyak jumlah konsumen dengan selera yang berbeda-beda, namun bagaimana caranya agar tetap bisa membuat konsumen senang dan puas. Dalam hal ini dikenal istilah Consumer Behaviour (perilaku atau sifat konsumen). Contohnya adalah bisnis MLM dengan consumer behavior yang condong untuk bisnis perempuan. Contoh di bidang pendidikan yaitu Nobel Pendidikan, walaupun beralaskan kepuasan konsumen, tetapi tetap ada value yang mengikat.

Untuk menciptakan kualitas yang baik dapat dilihat dari costumer behavior atau Marketting Intellegence. Tujuannya yaitu untuk memantau apakah tipe konsumen yang suka membeli atau tipe yang eksklusif. Cara untuk mengetahui bahwa barang itu berkualitas adalah dengan memperhatikan berapa jumlah pelanggan yang dimiliki sebuah toko. Semakin banyak jumlah pelanggan berarti barang yang diproduksi toko tersebut berkualitas.

Dibayangkan kualitas itu seperti ikan, dimana kepala ikan sebagai kualitas dan rusuk-rusuk tulang ikan sebagai alasan apa yang membuat suatu produk itu berkualitas. Misalnya rusuk-rusuk tulang ikan di sisi kiri itu ada: daya tahan, harga, sumber daya manusia (SDM), sarana, merk dan kurikulum sedangkan di sisi kanan itu ada: kemasan, lokasi, promosi, harga dan fitur (keistimewaan tambahan).



 
Nama                           : Jatu Tri Hardiyanti
No.reg                         : 1445097790
Manajemen Pendidikan Non Reg 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar