"

Destination is not important, but the process was the most important

Selasa, 17 Mei 2011

Reportase perkuliahan pertemuan ke 6 ( Manajemen Pemasaran dan Jasa Pendidikan )

Pada pertemuan ke enam ini tepatnya tanggal 11 Mei 2011 di ruang 307 pukul 13.00 dengan Pak Amril Muhammad selaku dosen manajemen pemasaran dan jasa pendidikan, beliau menjelaskan materi tentang price atau harga.

Sejumlah uang yang ditukarkan untuk memperoleh barang baik produk atau jasa disebut dengan price. Price dapat dikatakan juga sejumlah nilai yang digunakan untuk memperoleh manfaat dari pemilikan atau penggunaan jasa tersebut.

Adapun faktor – faktor dalam menentukan harga atau price yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Internal faktor terdiri dari :

- Cost atau harga pokok, dimana terdapat rumus BB + TKL + BOH + Laba. Biaya produksi ini merupakan seluruh biaya yang dikeluarkan untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk dijual kepada konsumen.
Contoh soal :
   

- Marketing mix strategi, yaitu fasilitas tambahan dimana tersedia kelengkapan fasilitas diluar fasilitas yang diberikan kepada konsumen.

- Marketing Objectives, yaitu suatu usaha untuk melatih orang memotivasi untuk membeli barang tersebut, biasanya diikuti dengan suatu trend dan harga jual.

- Organizazional Consideration, yaitu suatu kebijakan yang dibuat perusahaan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari sumber daya manusia, produk, kemasan, outlet, dan jangkauan konsumen.


Faktor eksternal yang menentukan harga, terdiri dari :

-  Market, terdiri dari pure competition, monopoli, dan oligorki.

-  Demand, adanya suatu kekuatan permintaan. Hal ini dapat ditentukan jika demand naik, supply tetap maka permintaan akan naik, dan sebaliknya jika demand turun, supply tetap maka permintaan akan turun.

- Competitors, perusahaan harus mengamati pesaing – pesaing yang ada agar dapat menentukan biaya, harga, dan keuntungan perusahaan itu sendiri. Hal ini dilakukan dengan beberapa teknik seperti riset pasar dan perbandingan harga terhadap kualitas setiap penawaran yang ditawarkan oleh pesaing. Misalnya antar KFC dan Mcdonalds.

- Other Ekstern Fitur, yaitu adanya suatu alternative lain dalam penentuan harga. Kesulitan – kesulitan ini timbul karena ada beberapa factor, antara lain faktor politik, sosial, hukum, ekonomi, dan geografi.


Cara menentukan harga ada 3 pendekatan, yaitu :
  1. Pricing Approach yang terdiri dari :
  • Cost based pricing, yaitu penentuan suatu harga dilakukan dengan menaikkan harga sekian persen dari total biayanya.
  • Value based pricing, yaitu penentuan harga ditentukan asas dasar nilai jasa yang dipersepsikan oleh segmen konsumen tertentu. Penentuan harga ini disebut dengan pendekatan pasar, dimana tindakan dilakukan untuk memperkuat positioning jasa dan manfaat yang diterima konsumen.
  • Competition based pricing, yaitu penentuan harga dibuat sama dengan harga rata – rata yang ditetapkan oleh pasar atau competitor.

2. Price adjustment strategis
  • Discount and allounance, yaitu penentuan harga di bawah harga standar. Oleh karena itu dalam perusahaan memerlukan adanya jasa perantara dan agen untuk melakukan tukar tambah.
  • Segmented pricing, yaitu penentuan harga tergantung segmen atau mereknya. Contoh : Toyota LIMO = Identik dengan Toyota Taxi
  • Psychological Pricing, yaitu menetapkan harga yang terlihat lebih murah seperti : Rp 5.000 terlihat lebih mahal di banding Rp 4.999. Terkait dengan references pricing (membeli barang karena ada informasi).
  • Promotional Price, yaitu membeli barang atau product karena ada pameran.
  • Geographyc Price, yaitu perbedaan harga karena letak geografisnya.
  • International Price.

Jatu Tri Hardiyanti ( Manajemen Pendidikan 2009 Non Reguler - 1445097790 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar