"

Destination is not important, but the process was the most important

Selasa, 26 April 2011

USAHA BISNIS CUCI MOTOR ( manajemen pemasaran dan jasa pendidikan )

Jatu Tri Hardiyanti         1445097790
Nur Indah Anggraeni      1445096060
Redo Romadona             1445096080
Manajemen Pendidikan 2009 Non Reguler

LATAR BELAKANG

Pengguna kendaraan  bermotor di indonesia semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun. Hal ini bisa di sebabkan oleh beberapa faktor seperti meningkatnya daya beli masyarakat. Faktor lainnya adalah pertimbangan ekonomi, dengan menggunakan sepeda motor bisa lebih menghemat biaya apabila dibandingkan memakai kendaraan umum, dan yang tidak kalah pentingnya bagi sebagian masyarakat di kota-kota besar yang sering mengalami kemacetan dapat diatasi dengan menggunakan sepeda motor.

Saat ini, motor yang beredar di wilayah Jakarta semakin banyak. Tingginya pembelian motor di wilayah Jakarta terutama terkait dengan kemacetan disekitar wialyah Jakarta, dan angkot, bis dalam kota tidak berfungsi dengan baik. Dengan pertimbangan kepraktisan sebagai pemanis, maka orang berkencederungan membeli motor, terlebih lagi dengan bisnis pendukung yaitu pembiayaan atau finance yang semakin sederhana.

Semakin pesatnya pengguna sepeda motor tersebut tentunya membuka peluang usaha bagi yang jeli melihatnya diantaranya adalah usaha cuci motor. Peluang bisnis cuci motor ini hanya membutuhkan modal sedikit dan pengelolaan yang tidak rumit. Apalagi jika Anda mempunyai tempat sendiri atau kerja sama dengan pemilik tempat melalui sistem bagi hasil.

Product attribute
-  Kualitas
  • Tempat luas minimal 20 x 10 m untuk kapasitas 5 - 10 motor berjajar, sehingga konsumen tidak harus berlama - lama menunggu motornya untuk dicuci.
  • Tenaga kerja minimal 5 – 10 orang, sehingga jaminan cuci motor 20 menit selesai.
  • Yang membedakan usaha cuci motor ini dengan yang lain yaitu mendapat tambahan fasilitas semir ban dan pengkilap jari – jari motor gratis.
  • Tempat tunggu nyaman dan ber AC.
-  Fitur
  •  Setiap karyawan atau tenaga kerja menggunakan seragam, sepatu boot, dan sarung tangan. Sehingga konsumen akan bertambah yakin karena usaha cuci motor ini terkesan keren dan rapi. 
  • Setiap konsumen yang mencuci motornya di tempat kami, diberikan 1 kupon, kupon ini dapat digunakan apabila konsumen sudah memiliki 10 kupon dan konsumen akan mendapatkan 1 kali cuci motor gratis. 
  • Adanya bisnis sampingan namun tentunya yang masih sejalan, diantaranya :
1. Menjual peralatan mencuci motor seperti sabun motor, kanebo, dll.
2. Menjual aksesoris motor, seperti helm, stiker, dan lampu spion.
3. Menyediakan jasa ganti oli dan perawatan mesin motor lainnya (service kecil).
4. Menyediakan steam helm.

- Design
  • Bangunan tempat cuci motor ini di design sangat nyaman, sejuk, dan minimalis. Sehingga konsumen merasa nyaman selama menunggu selesainya motor dicuci. Selain itu di tempat cuci motor ini juga disediakan cafe mini yang menyediakan makanan dan minuman, seperti semacam softdrink, kopi, dan makanan ringan. Hal ini sebagai pendukung agar konsumen tertarik untuk mencuci motornya di tempat ini.
Brand
One Stop Motor Wash
= Clean and Enjoyed

-  Brand support
  • Kerja sama dengan institusi atau jaringan komunitas seperti FIF (kredit motor) tiap orang yang kredit motor di FIF akan mendapatkan voucher dari FIF gratis cuci motor 1 kali di tempat kami.
Packaging
1. Motor datang
2. Ambil no antrian
3. Cuci motor
§  Snow
§  Keringkan
§  Semir ban
4.Bayar di kasir
5. Motor keluar

Motor yang awalnya kusam dan kotor, setelah dicuci di One Stop Motor Wash akan tampil seperti motor baru dan kinclong.

Product Support Service
  • Melatih karyawan atau tenaga kerja untuk mengetahui bagaimana cara melayani dan berkomunikasi dengan konsumen, agar konsumen merasa puas dengan pelayanan yang kami berikan.
  • Tersedia kotak kritik dan saran.
Target Pasar / Segmentasi
Target pasar kita adalah pemilik kendaraan bermotor roda dua, khususnya yang tinggal di sekitar tempat tinggal kita baik masyarakat menengah ke bawah maupun masyarakat menengah ke atas.

Price
Harga berkisar Rp. 10.000,- – Rp. 15.000,-.(disesuaikan dengan perhitungan). Penentuan harga tergantung dari potensi pengguna jasa dan pelayanan yang kami tawarkan. Misalnya, konsumen meminta untuk memperbaiki mesin yang rusak dang anti oli.

Place
Lokasi One Stop Motor Wash ini strategis, tempatnya bersih, tempat menunggunya nyaman dan pastinya sudah mempertimbangkan persaingan dan lingkungan yang banyak penduduk. Tempat cuci motor ini terletak di jalan Raya Bogor, dimana lokasi ini sangat sering dilewati oleh para karyawan kantoran.

Promotion
  • Kami membuat promosi untuk menarik konsumen baru. Seperti setiap orang yang datang sebelum jam 9.00 akan mendapat diskon 10%. Cara ini ampuh untuk menarik orang agar mencucikan motornya pagi - pagi sehingga orang lain akan melihat dan berpikir bahwa tempat Cuci Motor Express ini pagi - pagi sudah penuh, ramai dan pastinya layanan yang diberikan bagus.
  • Kami memberikan gratis untuk 1 kali cuci motor, apabila konsumen sudah memiliki 10 kupon.
  • Adanya kerja sama dengan FIF sehingga konsumen yang baru mengkreditkan motornya akan mendapatkan voucher untuk gratis cuci motor 1 kali di One Stop Motor Wash.

1 komentar: