"

Destination is not important, but the process was the most important

Selasa, 12 April 2011

Revisi usaha ( Manajemen Pemasaran dan JasaPendidikan )


Nama               :           Jatu Tri Hardiyanti
Jurusan            :           Manajemen pendidikan 2009 Non Reguler ( 1445097790 )
Jenis Usaha     :           Les Private

Mengapa saya berminat membuka usaha dalam bidang les private, karena menurut saya les private merupakan salah satu alternatif yang potensial dalam bidang usaha. Dalam hal mempersiapkan siswa siswi menghadapi ujian akhir semester ( UAS ) atau ujian akhir nasional ( UAN ) khusus bagi siswa SD merupakan tugas dan tanggung jawab guru di sekolah dan orangtua khususnya, begitu juga lembaga pendidikan yang diselenggarakan secara perorangan ( les private ). 

Persiapan – Persiapan tersebut haruslah dibuat jauh sebelum anak didik memasuki waktu atau saat mereka lebih intensif belajar untuk menyiapkannya. Bagi anak didik ditingkat SD paling tidak pada semester II kelas IV lebih baik sudah dimulai berorientasi pada les – les private mata pelajaran yang akan diujikan di UAS maupun UAN nantinya.

Les private ini merupakan peranan yang kami rasa cukup banyak dibutuhkan dan diminati oleh orangtua dan anak didik yang bersangkutan. Dan tentunya dalam program tersebut akan membentuk interaksi antara staff pengajar dengan peserta didik dan membentuk budaya saling membutuhkan antara lembaga pendidikan ( les private ) dan staff pengajar, begitu juga guru dan orangtua yang saling mengambil manfaat atau benefit.

Secara moral dan edukasi kami tertarik untuk mengambil peran tersebut mengingat di lingkungan yang dianggap cukup potensial baik secara aspek demografis ataupun secara strata sosial di daerah perumahan atau pemukiman yang baru tumbuh kembang di lokasi sekitar perumahan atau komplek Kementerian Pertahanan – Jati Makmur Bekasi. Serta mengingat penghuninya rata – rata pasangan usia muda yang dimungkinkan memiliki anak usia prospektif.

Kami merencanakan untuk mengadakan les private untuk tingkat SD kelas IV, V, VI adapun studi kelayakan yang dilakukan meliputi beberapa aspek antara lain :
  1. Jumlah Populasi calon murid les private
  2. Lokasi les
  3. Staff Pengajar
  4. Waktu les dan Mata pelajaran
  5. Pembiayaan.
Secara rinci hasil survey dan evaluasi yang kami lakukan adalah sebagai berikut :
A.    Dalam lingkungan dimaksud yang kami batasi dalam 1 Rukun Warga terdapat 10 RT, yang masing – masing RT terdapat 25 rumah hunian. Pada setiap RT rata – rata ada sekitar 6 orang anak yang sekolah pada tingkat SD kelas IV, V, dan VI. Sehingga total jumlah calon murid les private potensial sekitar 60 orang. Sementara yang akan di prospek adalah itu dahulu. Secara jangka panjang bisa dikembangkan ke wilayah sekitarnya.
B.     Lokasi yang diharapkan adalah ruangan yang memenuhi syarat untuk proses belajar mengajar berlangsung, mudah dijangkau, nyaman, dan strategis.
C.     Staff pengajar rencana dibutuhkan sementara 3 orang dahulu, masing – masing untuk kelas IV, V, VI. Setiap staff pengajar menangani masing – masing 20 orang dengan kelas yang berbeda.
D.    Waktu les direncanakan seminggu 3x, pukul 19.00-20.00. Setiap mata pelajaran kami sediakan waktu 1 jam untuk membahas pelajaran, mengerjakan PR dan tanya jawab. Kami juga merencanakan menyediakan waktu tambahan untuk memenuhi kebutuhan murid les diluar pengaturan secara umum. Mata pelajaran dimaksud untuk mempersiapkan UAS dan UAN adalah matematika, bahasa indonesia, dan bahasa inggris.
E.     Sisi pembiayaan adalah hal yang dirasakan penting guna kelancaraan proses atau program tersebut. Setiap anak dikenakkan biaya les per mata pelajaran / jam sebesar Rp. 10.000. Total penerimaan yang bisa diharapkan dari murid sebanyak 60 orang adalah sebesar 60 x 12 x Rp. 10.000 = Rp 7.200.000,-
Keterangan :    60        = Jumlah murid
                        12        = Jumlah pertemuan selama 1 bulan



Jumlah ini akan dimanfaatkan untuk :
1.      Biaya sewa fasilitas ruangan                     = Rp 1.000.000
2.      Honor staff pengajar ( 3 )                         = Rp. 1.500.000
3.      Listrik, Air, Telepon                                  = Rp    600.000
4.      Biaya penyusutan ( investasi )                  = Rp 1.500.000
( Pengembalian Pinjaman Bank )
5.      Keamanan / Kas RT / RW                        = Rp.    750.000
6.      Pembelian alat tulis kantor                        = Rp     300.000
7.      Lain – lain                                                 = Rp.    100.000          +
= Rp 5.750.000

Keuntungan atau sisa usaha    = Rp 7.200.000 – Rp. 5.750.000
                                                = Rp 1.450.000

Demikian perencanaan usaha les private ini saya rencanakan dengan asumsi – asumsi yang sangat minimal dengan tujuan meminimalkan resiko usaha yang bisa diantisipasi terjadi. Mudah – mudahan Tuhan YME akan memberi petunjuk agar usaha ini diminati banyak orang. Dan pada akhirnya akan menjadi kebutuhan bagi masyarakat secara umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar