"

Destination is not important, but the process was the most important

Senin, 28 Maret 2011

Usaha sekolah kanak - kanak


Nama               :           Jatu Tri Hardiyanti
Jurusan            :           Manajemen pendidikan 2009 Non Reguler ( 1445097790 )
Jenis Usaha     :           Sekolah Taman Kanak - Kanak
Nama Usaha    :           TK. Alfabeta

Jenis usaha yang saya akan dirikan adalah sebuah pendidikan prasekolah yaitu sekolah taman kanak - kanak. Mengapa saya memilih mendirikan TK, karena saya berfikir bahwa pendidikan taman kanak - kanak penting bagi anak yaitu untuk membentuk karakter dan kepribadian anak. TK Alfabeta menekankan pada pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Dilihat dari segmentasi geografis, sekolah yang akan saya dirikan ini terletak di rawamangun. Mengapa demikian? Karena menurut saya rawamangun mempunyai letak yang strategis, mudah dijangkau, dan juga padat penduduk. Sekolah taman kanak – kanak ini terdiri dari 4 kelas, yakni TK. 0 kecil 2 kelas dan TK. 0 besar 2 kelas.  Di mana segmentasi demografis jika dilihat dari segi usia, TK. 0 kecil 3 – 4 tahun dan TK. 0 besar 4 -5 tahun. 

Segmentasi manfaat atau tujuan saya mendirikan TK ialah untuk meningkatkan daya fikir anak - anak dan memacu anak untuk belajar mengenal berbagai macam ilmu pengetahuan melalui pendekatan bahasa, agama, sosial, fisik, motorik, kognitif, dan seni. Semua dirancang sebagai upaya mengembangkan daya pikir dan peranan anak dalam hidup. Kegiatan belajar ini dikemas dalam model belajar sambil bermain.

Guru yang mengajar di TK Alfabet ialah Guru tetap yang berpendidikan minimal SLTA. Guru harus mampu memberi penjelasan secara umum kepada murid - murid, memberi pengarahan, mengawasi dan memperhatikan murid - murid ketika proses belajar mengajar berlangsung. Selanjutnya guru menanyakan kesulitan yang dialami murid - murid dalam pembelajaran. Guru juga harus menguasai perkembangan setiap murid dalam mengerjakan berbagai tugas sehingga dapat mengikuti perkembangan setiap murid dalam menguasai bahan - bahan pengajaran.

Dalam sekolah taman kanak – kanak Alfabeta setiap siswa dibebaskan uang pangkal, tetapi untuk setiap bulannya setiap murid dibebankan uang iuran sekolah atau SPP sebesar 150 ribu rupiah, baik TK 0 kecil maupun TK 0 besar. Waktu sekolah yakni senin – jumat. Setiap harinya masuk pukul 08.00 – 10.00 WIB. Untuk hari senin anak – anak melaksanakan upacara dan diajarkan Pancasila. Selasa belajar menghitung. Rabu belajar membaca. Kamis belajar menggambar. Sedangkan jumat bermain sambil berolahraga.

Bagi murid - murid yang mengalami kesulitan dalam pembayaran iuran sekolah, TK Alfabeta memberikan biaya gratis untuk orang tua murid yang tidak mampu. Persyaratannya dengan memberikan surat keterangan tidak mampu dari RT, RW, dan Kelurahan. Pembebasan biaya ini dibebaskan selama murid tersebut bersekolah di TK Alfabeta.

Lulusan dari TK Alfabeta yaitu menjadikan murid mampu membaca, menghitung, dan berkreasi sesuai dengan potensi yang mereka miliki. TK Alfabeta menjamin murid dapat diterima di sekolah dasar yang berstandar nasional maupun sekolah yang sudah berstandar internasional.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar