"

Destination is not important, but the process was the most important

Sabtu, 26 Februari 2011

resume perkuliahan 1 (manajemen pemasaran dan jasa pendidikan) MP NR 09


Buruknya kualitas jasa atau pelayanan yang diberikan perusahaan kepada para konsumen sudah sejak lama disadari dan mengakibatkan banyak kerugian bagi perusahaan. Dengan adanya suatu komunikasi yang baik antara perusahaan dengan konsumen, maka manajemen pemasaran dan manajemen jasa yang diberikan perusahaan akan belangsung dengan baik pula.

Pemasaran berasal dari kata pasar yang memiliki pengertian suatu tempat dimana terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli, dimana penjual menjualkan suatu produk yang dijualnya kepada pembeli. Transaksi juga memiliki pengertian suatu perdagangan antara dua pihak yang melibatkan persetujuan (aggrement) dan nilai (value). Persetujuan dan nilai tersebut mencakup waktu, tempat, dan kondisi suatu keadaan.
Manajemen pemasaran atau marketing merupakan proses sosial dan manajerial yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mempertemukan apa yang ia butuhkan dan apa yang ia inginkan melalui pertukaran produk. Suatu keinginan akan tercapai, apabila suatu kebutuhan tersebut sudah terpenuhi. Kebutuhan tersebut berasal dari dalam diri kita sendiri, sedangkan keinginan bermula karena adanya faktor dari luar, yaitu budaya.

Produk adalah apapun yang bisa ditawarkan, diperhatikan, digunakan, dikonsumsi, dan mampu memuaskan konsumen. Jasa adalah apapun yang dapat menjual baik personal, service, tempat, organisasi, ide, nilai, produk, interaksi produsen dan konsumen. Permintaan ialah sejumlah barang yang diminta pada suatu harga dan waktu tertentu, sedangkan penawaran ialah sejumlah barang yang ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu. Menurut hukum ceteris paribus, “Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin banyak dan sebaliknya. Jika harga semakin rendah/murah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya”.

Karakteristik jasa yaitu :
1.      Tidak nyata atau berwujud. Jasa tidak dapat dilihat, dirasa, diraba, didengar, atau dicium sebelum jasa itu dibeli.Jika jasa tersebut sudah dibeli, maka jasa tersebut baru diproduksi.
2.      Tidak dapat disimpan. Jasa tidak mengenal penyimpanan dari produk yang telah dihasilkan. Kualitas jasa dilihat dari interaksi produsen ke konsumen dan nilainya dapat dilihat jika jasa dihasilkan dan dikonsumsi secara keseluruhan tau bersamaan.

Kunci sukses jasa:
1.      Konsep produksi. Pihak produsen harus selalu meningkatkan kemampuannya dalam menyediakan jasa yang dimilikinya sehingga konsumen memiliki berbagai pilihan, terutama mengenai pilihan lokasi penyediaan jasa untuk memudahkan konsumen mendapatkan jasa tersebut. Contohnya McDonalds.
2.      Pemasaran produksi. Dimana suatu perusahaan menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa. Sedangkan kegiatan menambah daya guna suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan produksi barang.
3.      Konsep penjualan. Dalam penyampaian produk jasa bagi konsumen dari segi lokalisasi yang terpenting adalah soal distribusi. Dianalogikan carrefour dengan distribusi produk yang menggunakan koran iklan dan disertai harga. Semakin banyak iklan tempat produk tersebut dijual maka sirkulasinya akan semakin cepat, sehingga konsumen akan lebih mudah mendapatkan produk tersebut.
4.      Konsep pemasaran. Perusahaan yang bergerak dibidang jasa berusaha menarik dan mempertahankan konsumen dengan berbagai fasilitas dan kemudahan - kemudahan tertentu dalam memecahkan masalah, contohnya oriflame yang mempunyai strategi pemasaran yang luar biasa. Cara ini berguna untuk mengurangi atau menghambat tingkat perpindahan konsumen ke pesaing lain.
5.      Pemasaran sosial. Aqua merupakan salah satu contoh produk yang dipasarkan dengan menggunakan konsep pemasaran sosial. Konsep pemasaran sosial tersebut dituangkan dalam semboyan iklan yang berbunyi “ Kepedulian aqua untuk kebaikan bersama “. Caranya setiap pembelian 1L aqua (dengan label khusus), aqua berkomitmen untuk memberikan fasilitas penyediaan akses terhadap 10L air bersih bagi daerah yang membutuhkan.

Jatu Tri Hardiyanti  (1445097790)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar