Perilaku pelanggan adalah suatu usaha untuk mengidentitikasi pelanggan dilihat dari sudut perilaku dengan memperhatikan faktor-faktor yang melingkupi diri pelanggan baik sebagai individu, maupun sosial, setelah dapat diidentifikasi, maka langkah selanjutnya adalah memotivasi dengan menggunakan media promosi agar dapat melakukan pembelian produk seperti yang ditawarkan.
Pelanggan adalah mahluk indvidu sekaligus sosial, maka faktor-faktor yang melingkupinya akan dibahas sebagai berikut :
- Individu
- Lingkungan keluarga
- Lingkungan masyarakat
- Budaya kota dan desa
- Ekonomi
- Idiologi/Agama
- Tata Nilai
- Status sosial
Individu
a) Belanja untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri
b) Mengharapkan kepuasan pelayanan dan produk
c) Kelas sosial, di antaranya dilihat dari tingkat penghasilan dan pendidikan
d) Pembelian dipengaruhi situasi dan kondisi serta daya beli dari individu
Lingkungan keluarga
a) Belanja mewakili keluarga, meskipun dilakukan seseorang
b) Keluarga, adalah lingkungan terdekat yang sangat mempengaruhi nilai perilaku
seseorang, maka Pembelian dipengaruhi anggota keluarga
seseorang, maka Pembelian dipengaruhi anggota keluarga
c) Kepuasan atas produk untuk seluruh keluarga yang diwakili
d) Pembelian produk lebih banyak
Lingkungan masyarakat
a) Belanja produk secara psikologis dipengaruhi lingkungan tempat tinggal atau
tetangga lingkungan perumahan
tetangga lingkungan perumahan
b) Produk yang dibeli dipengaruhi gengsi
c) Pembelian produk mengacu pada merk yang dibeli tetangga
Budaya kota dan desa
1. Budaya Kota
§ Pembelian produk lebih terpengaruh pada media promosi ( TV, Koran, Majalah, internet)
§ Pembelian produk sesuai dengan lingkungan perkotaan
§ Informasi tentang produk tersedia, dan cepat diketahui dengan cepat
§ Pembelian mengacu pada kesibukan kota
2. Budaya Desa
§ Pembelian produk kurang dipengaruhi media promosi
§ Pembelian produk sesuai dengan lingkungan pedesaan
§ Informasi tentang produk lambat diketahui, kurang cepat tersedia
§ Sumber informasi dalam jumlah terbatas
Ekonomi
a) Seseorang yang hidup dari kekayaan warisan
b) Orang yang berhasil dalam usaha atau profesinya sehingga tingkat
ekonominya dikatakan kelas menengah
ekonominya dikatakan kelas menengah
c) Para pekerja kantoran (kerah putih) yang bergaji menengah
d) Para pekerja standar, hanya sedikit di atas garis kemiskinan
e) Pekerja tidak tetap atau tidak memiliki pekerjaan
Idiologi/Agama
a) Pembelian produk mengacu pada Idiologi/ agama yang dianut
b) Pembelian perlengkapan ritual agama
Tata Nilai
a) Pembelian produk mengacu pada tata nilai budaya yang melingkupi seseorang
b) Tata nilai tiap orang yang berasal dari daerah yang berbeda akan menampilkan pola pembelian yang berbeda
c) Nilai budaya Indonesia akan berbeda dengan orang luar negeri, menyebabkan pola konsumsi yang berbeda pula
Status sosial
a) Status sosial akan mempengaruhi pembelian produk
b) Setiap penyandang status sosial yang berbeda, pembelian produk berbeda pula
c) Seiring naiknya pendapatan seseorang, maka pembelian akan meningkat
Jatu Tri Hardiyanti
Manajemen Pendidikan 2009 Non Reguler
1445097790
Tidak ada komentar:
Posting Komentar